Membuat efek gelembung balon dengan lebih mudah.

Teman-teman, hari ini Sea Games XXVI-2011 Jakarta Palembang memasuki hari terakhir. Indonesia sudah dipastikan menjadi pengumpul medali emas terbanyak, meskipun terasa sedikit hambar tanpa raihan medali emas dari sepakbola. Tapi gpp, masih ada Sea Games dua tahun lagi dan Sea Games-Sea Games berikutnya. Yang penting, sebagai warga negara yang masih cinta tanah air, mari dukung terus duta-duta olahraga dimanapun mereka berlaga, khususnya Timnas sepakbola. Dan jangan lupa, nanti malam saksikan closing ceremony Sea Games langsung dari kota mpek-mpek.(wah…jadi ngelantur ngomongi Sea Games, katanya mau posting bikin efek gelembung balon…hehehe).

Oke teman-teman, sambil nunggu acara closing ceremony Sea Games 2011, saya akan bagikan sedikit nih cara bikin efek gelembung balon. Waktu itu sih udah saya posting, tetapi kali ini saya bikin efek gelembung balon dengan cara yang lebih mudah. Sebelumnya silahkan temen-teman siapkan dulu secangkir kopi hangat dan snake… eh snack buat teman bekerja.

Kalau udah siap kita mulai ya, pertama buka dulu program Adobe Photoshop teman-teman, nggak perduli versi berapa yang penting Photoshop. Saya pake yang CS3. Kemudian ikuti langkah berikut:

  1. Siapakan dokumen image baru, klik File New atau Ctrl + N, lalu atur dokumen sbb:
  2. Warnai layer background dokumen dengan warna yang teman-teman suka, saya pilih warna biru nih.
  1. Buat layer baru di atas layer backgorund, caranya klik menu layer > New > Layer (Shift + Ctrl + N) atau klik ikonCreate a New Layer pada palet layer.
  2. Selanjutnya kita akan membuat lingkaran untuk gelembung balonnya. Aktifkan toolbox elliptical marquee tool terlebih dahulu.
  3. Nah, sekarang silahkan buat area lingkaran untuk gelembung balonnya, besarnya terserah teman-teman, yang jelas kalau lingkarannya mau bener-bener bulat, jangan lupa tekan dan tahan tombol Shift di keyboard.
  4. Kalau sudah jadi, tinggal warnai sedikit sisi dalam lingkaran menggunakan brush tool, jadi sekarang aktifkan dulu brush tool pada toolbox.
  5.  Lalu untuk warna balon silahkan pilih warna dengan mengubahnya pada kotak foregound color di toolbox. Saya pilih warna putih ya. Untuk jenis brush pilih pada option bar brushtool atau klik kanan brushtool. Pilih jenis brush yang sisi luarnya ngeblur seperti pada gambar. Saya pilih brush yang besarnya 100 px.
  6. Selanjutnya kita warnai sedikit sisi dalam area area lingkaran. Mewarnainya harus dari sisi luar lingkaran. Jadi posisikan pointer brush tool di sisi luar lalu drag mengelilingi area luar lingkaran dengan perlahan dan hati.hati… jangan sampe kepeleset… hehehe…
  7. Kita bisa menambahkan sedikit efek pantulan sinar pada gelembung balon, masih menggunakan brush tool, hanya dengan jenis brush yang lebih kecil, misalnya yang 27 px, lalu warnai bagian dalam gelembung balon yang akan diberi efek pantulan cahaya, supaya gelembung balonnya nampak lebih realistis.
  8. Untuk membuat gelembung balonnya jadi banyak, teman-teman tinggal copy layer saja layer 1 dengan Ctrl + J, lalu pindahkan ke posisi lain pakai toolbox Move Tool. Lalu atur besar kecilnya gelembung balonnya dengan Edit > Transform (Ctrl + T). Nih contoh hasil akhirnya.

Mudah bukan? Selamat mencoba dan terus berkarya.

2 Responses

  1. makasih banyak mas bro, dari tadi muter2 ketemu yang gampang dicerna disini,

  2. Sangat membantum.bagi saya yg pemula. Tks.

Jika berkenan dengan postingan ini, silahkan tuliskan komentar anda. Terimakasih sudah mampir.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: